-->

Selasa, 15 November 2022

Begini Tips Perwatan Kenari Mabung Agar Cepat Tuntas | 100% Work!

Halo sobat Kicaumania kali ini kawanibird.com ingin membahas tentang tips simpel perawatan kenari mabung agar cepat tuntas, masa mabung merupakan kondisi dimana burung mengalami pergantian bulu, dengan menjatuhkan bulu lama dan mengganti dengan bulu yang baru. Saat mabung, biasanya burung memasuki masa cuti. Burung akan mengurangi aktivitasnya seperti berkicau dan akan lebih banyak diam.

Perawatan kenari mabung perlu diperhatikan dengan cermat dan hati-hati. Jika perawatan kenari mabung dilakukan dengan ngasal, maka sangat mungkin kedepannya akan mendatangkan masalah yang tak kunjung usai. Oke lanjut ke pembahasannya.

Merawat Kenari Mabung Agar Cepat Selesai

Begini Tips Perwatan Kenari Mabung Agar Cepat Tuntas | 100% Work!
Perawatan Kenari Mabung

Hindari Penjemuran dan Pemandian pada Kenari Mabung

Perawatan kenari mabung yang pertama yaitu hindari aktivitas penjemuran dan pemandian, nah untuk mengatasi burung kenari yang memang suka mandi, untuk cepuk airnya bisa berikan sedikit saja. Jadi cukup buat minum saja, proses menghindari penjemuran dan pemandian pada kenari mabung itu bertujuan agar bulu-bulu kenari tidak rusak dan kusam. 

Hindari Pemberian EF pada Kenari Mabung 

Kemudian perwatan yang kedua yaitu jangan dulu diberikan EF atau extra fooding, jadi cukup pakan bijian dan minumnya saja. Karena untuk kenari mabung dan baru merontokkan bulu diberikan EF, ini akan menghambat proses perontokan bulu, sehingga masa mabung burung kenari tidak maksimal dan tidak tuntas. 

Pemberian EF bisa dimulai kembali ketika kenari sudah merontokan semua bulu-bulunya dan sudah ada bulu-bulu jarum yang tumbuh, untuk pemberian EFnya juga cukup seminggu 2 kali, dan minggu selanjutnya bisa berikan EF yang divariasikan, seperti pemberian kepada burung kenari yang normal.

Lakukan Full Krodong dan Tempatkan Burung di Tempat yang Sunyi

Tips yang ketiga untuk perawatan kenari mabung agar cepat tuntas, sobat Kicaumania wajib melakukan full krodong, krodong hanya dibuka saat pagi hari ketika mengganti pakan dan juga minum atau mengganti pakan dan minumnya di sore hari, intinya bisa disesuaikan dengan waktu luang sobat Kicaumania semua, lalu jangan lupa agar Kicaumania membersihkan alas sangkar dari kotorannya, bersihkan sangkar saat dirasa sangkar sudah benar-benar kotor, cukup seminggu 3 kali saja.

Lalu setelah full krodong, untuk penempatan carilah tempat yang sunyi, agar birahi burung bisa stabil, karena kalau kenari mabung lalu ada birahi tinggi, ini akan menggagalkan proses mabung. Jadi burung kenari mabung cukup ditempatkan didalam rumah yang ruangannya sepi, intinya jauh dari aktivitas manusia dan aktivitas kicauan burung kenari gacor serta kicauan burung lainnya. 

Berikanlah EF yang Bagus Setelah Mabung Lewat 3 Minggu

Yang terakhir, setelah burung kenari mabung sudah lewat 3 mingguan dan bulu yang rontok sudah berganti ke bulu yang baru, kita mulai berikan EF yang bagus, untuk pemberiannya bisa seminggu 3 kali atau 5 kali, dan berikan EF secara bervariasi. EF yang bagus untuk pertumbuhan bulu itu sayuran, seperti sawi sendok dan jagung manis, sayuran ini sangat bagus untuk pertumbuhan dan mengkilapkan bulu. 

Setelah mabung selama satu bulanan, Kicaumania jangan langsung menjemurnya karena bulu-bulunya masih basah, karena kalau dijemur nanti bulu-bulunya akan gampang rusak, bisa jadi keriting dan kusam. Kalau untuk mandi, usahakan agar burung kenari bisa mandi sendiri cukup berikan cepuk minum yang agak besar saja, dan jangan lakukan penyemprotan sebab ini juga dapat merusak bulu-bulunya. Ketika dirasa burung kenari siap untuk dijemur, jemurlah kenari secara bertahap, jangan lansung jemur kenari dengan durasi yang lama, misal dimulai dari 10 menit, besoknya 30 menit dan besoknya lagi 1 jam, ini bertujuan agar burung kenari tidak kaget, karena selama mabung, kenari tidak pernah terkena sinar matahari.

Oke sobat Kicaumania itulah tadi tips perawatan kenari mabung agar cepat tuntas, semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan Kicaumania semuanya, jika ada pertanyaan, saran, ataupun kritik yang membangun silahkan tuliskan di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung, Salam Kicaumania dan Salam Lestari!


EmoticonEmoticon