-->

Rabu, 09 November 2022

Perawatan Burung Kapas Tembak Setelah Selesai Mabung atau Nyulam Bulu

Perawatan burung kapas tembak setelah mabung atau nyulam bulu tentu berbeda dengan perawatan kapas tembak saat mabung, awas Kicaumania jangan sampai kebalik penerapannya. Berikut cara merawat kapas tembak setelah mabung :

Perawatan Burung Kapas Tembak Setelah Selesai Mabung atau Nyulam Bulu
 Perawatan Burung Kapas Tembak Setelah Selesai Mabung 

Cara Merawat Burung Kapas Tembak Pasca atau Setelah Mabung

Mulai Mandi Setiap Hari

Yang pertama setelah selesai mabung burung kapas tembak mulai dimandikan setiap hari pada pukul tujuh atau pukul delapan pagi, biarkan burung mandi sendiri sepuasnya. Selesai mandi angin-anginkan dulu sampai bulu-bulunya kering.

Penjemuran yang Bertahap

Kedua kemudian baru dijemur selama 15-20 menit saja, jangan dijemur terlalu lama dulu karena bulu-bulu baru masih belum kuat untuk menahan panas matahari terlalu lama. Durasi penjemuran bisa ditingkatkan setelah 1-2 bulan pasca mabung dan harus dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kapas Tembak Mabung dengan Benar

Pemberian EF yang Mulai Dibatasi

Yang ketiga pemberian extra fooding, pemberian extra fooding mulai dibatasi, biasanya setelah selesai mabung nafsu makan burung kapas tembak akan kembali normal dan tidak rakus lagi, burung hanya akan mengkonsumsi jangkrik secukupnya sekitar 3-5 ekor saja sekali makan. Namun untuk mengantisipasi agar burung tidak over birahi sebaiknya cukup diberikan jangkrik tiga ekor pada pagi hari dan tiga ekor pada sore hari.

Berikan kroto segar dalam seminggu 2-3 kali cukup 1 sendok makan saja, dan berikan ulat hongkong pada saat cuaca dingin atau musim hujan saja, bisa diberikan lima ekor pagi hari dan lima ekor pada sore hari.

Berikan Voer dan Buah-buahan

Yang keempat voer yang diberikan setiap hari sebagai bahan utamanya ditambah buah-buahan seperti pisang kapok, papaya, apel, sawo atau buah-buahan lainnya, berikan buah-buahan tersebut secara bervariasi setiap harinya, jika burung kapas tembak diberikan perawatan yang tepat pada saat mabung maka proses pergantian bulunya akan berlangsung dengan normal dan cepat selesai.

Selain itu performa burung juga akan tetap bagus setelah selesai mabung dan akan tetap gacor sehingga bisa dijadikan sebagai masteran untuk burung lomba seperti murai batu, kacer, cucak ijo atau burung lainnya.

Demikian sedikit informasi tentang perawatan burung kapas tembak setelah mabung atau nyulam bulu, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat Kicaumania semua. 



EmoticonEmoticon