-->

Selasa, 08 November 2022

5 Cara Merawat Kapas Tembak Mabung atau Nyulam Bulu dengan Benar

Rata-rata burung kapas tembak hanya mengalami nyulam bulu dan sangat jarang terjadi mengalami mabung total, namun jika burung kapas tembak ternyata mengalami nyulam bulu dengan jumlah banyak maka perlu dilakukan perawatan khusus agar proses pergantian bulu bisa berlangsung dengan normal dan tuntas.

Burung kapas tembak yang sedang mabung perlu diberikan perawatan khusus agar bisa menyelesaikan masa mabungnya dengan sempurna, sehingga setelah masa mabungnya selesai burung akan tetap bagus dan tetap gacor. Ketika burung kapas tembak akan mabung biasanya yang tadinya rajin bunyi akan menjadi lebih banyak diam dan kurang aktif, hal itu wajar karena kondisi fisik dan mentalnya sedang tidak stabil, akibatnya terjadi perubahan hormon di dalam tubuh burung itu sendiri.

Cara merawat kapas tembak mabung dengan benar
Cara Merawat Kapas Tembak Mabung

Masa mabung juga akan sangat menguras energi burung, bulu-bulu yang rontok dan digantikan dengan tumbuhnya bulu-bulu baru selama masa mabung akan menyerap sebagian besar dari kandungan protein, karena itulah selama masa mabung kapas tembak diberikan asupan protein yang lebih banyak dari biasanya.

Pada saat mabung burung kapas tembak diberikan pakan berprotein tinggi dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya, jika dalam kondisi normal agar bisa diserap dan disimpan sebagai protein khusus untuk mempercepat pertumbuhan bulu-bulu baru proses ini sangat penting bagi burung kapas tembak yang harus bekerja ekstra untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pembentukan bulu-bulu baru dengan sempurna.

Cara Merawat Burung Kapas Tembak dengan Benar Saat Mabung

Berikut ini adalah cara merawat burung kapas tembak dengan benar pada saat mabung atau nyulam bulu:

1. Penempatan Sangkar Kapas Tembak Mabung

Yang pertama adalah penempatan, tempatkan burung kapas tembak di ruangan yang tenang jauh dari aktivitas manusia dan gangguan-gangguan lain disekitarnya yang berpotensi menghambat proses mabungnya.

2. Full Krodong Kapas Tembak Mabung

Kedua full krodong, full krodong setiap hari dan buka kerodongnya pada saat akan memberi pakan dan air minum serta membersihkan sangkarnya.

3. Mandi dan Penjemuran Kapas Tembak Mabung

Ketiga mandi dan jemur, pada saat mabung burung kapas tembak cukup dimandikan seminggu sekali ke dalam keramba atau dua minggu sekali dalam keramba, dan untuk penjemuran cukup dilakukan selama 15 menit saja setiap pada pagi hari pukul tujuh pagi

 4. Makanan dan Extra Fooding Kapas Tembak Mabung

Pada saat kapas tembak sedang dalam kondisi merontokan bulu, pemberian ulat hongkong sebanyak 15 ekor pada pagi hari dan 15 ekor pada sore hari untuk membantu mempercepat proses perontokan bulu-bulunya karena efek panas yang ditimbulkan dari pemberian ulat hongkong. 

Stop pemberian ulat hongkong setelah bulu-bulu jarum mulai tumbuh dan hanya diberikan jangkrik sekenyangnya, sebelum diberikan kepada burung kapas tembak sebaiknya jangkrik diolesi dulu dengan minyak ikan agar pertumbuhan bulu-bulu barunya lebih sehat dan mengkilap. Porsi pemberian extra fooding harus diperbanyak, jangkrik diberikan sekenyangnya setiap pagi dan sore hari, karena burung membutuhkan lebih banyak asupan protein untuk pembentukan bulu-bulu baru.

Baca Juga: Perawatan Kapas Tembak Setelah Selesai Mabung

Biasanya pada saat mabung atau nyulam bulu, burung kapas tembak bisa menghabiskan 8-10 ekor jangkrik sekali makan sedangkan pada saat kondisi normal burung kapas tembak sendiri akan membatasi sendiri asupannya dengan hanya mengonsumsi sebanyak tiga sampai lima ekor saja, karena jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan proteinnya pada kondisi normal atau tidak dalam kondisi mabung. Berikan buah setiap hari dengan menu bervariasi seperti pisang kapok, pepaya, apel, sawo dan buah-buah lainnya, dan berikan vitamin burung kapas tembak pada saat mabung, pemberian buah-buahan ini berfungsi untuk membantu menjaga metabolisme tubuh burung kapas tembak.

5. Kebersihan Sangkar Burung Kapas Tembak Mabung

Faktor kebersihan juga harus diperhatikan pada saat burung kapas tembak mabung atau nyulam bulu, karena pada saat mabung kondisi burung sedang tidak fit sehingga lebih mudah terserang penyakit. Bersihkan kandangnya setiap hari, bersihkan juga tangkringan serta tempat pakan dan minum. Nah agar terbebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit air minumnya diganti setiap hari.

Demikian sedikit informasi tentang cara merawat burung kapas tembak dengan benar pada saat mabung atau nyulam bulu, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat Kicaumania semua. 



EmoticonEmoticon