-->

Jumat, 11 November 2022

Cara Menjinakan Burung Trucukan Ombyokan yang Giras dengan Benar

Halo sobat Kicaumania berjumpa lagi dengan kawani bird pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara yang benar dalam menjinakkan burung trucukan ombyokan giras, yang membuat kita cukup pusing ya dan tetap semangat dalam merawat burung trucukan ombyokan. 

Jadi dalam memelihara burung trucukan ombyokan itu tidak mudah seperti yang kita bayangkan, di luar sana banyak kegagalan dalam memelihara burung trucukan, kemudian ada yang bosan dan pada akhirnya burung trucukan tersebut itu dilepas karena setelah dipelihara dalam waktu yang lama ternyata burung trucukannya tidak kunjung jinak dan tidak kunjung bunyi. 

Saya tidak setuju dengan melakukan proses penjinakan burung trucukan secara ekstrim, seperti mencabut bulu-bulu sayap sampai habis, karena hal tersebut menyiksa burung. Jadi kalau hal itu dilakukan pada burung tentunya burung akan mengalamai trauma dan setres.

Cara Benar Menjinakan Burung Trucukan yang Giras

Berikut ini adalah cara menjinakkan burung trucukan ombyokan yang giras dengan benar.

Cara Menjinakan Burung Trucukan Ombyokan yang Giras dengan Benar
Cara Menjinakan Burung Trucukan Ombyokan yang Giras dengan Benar

Memandikan Burung Trucukan

Pertama adalah sobat Kicaumania harus memandikan burung trucukan ombyokan itu setiap hari, sampai basah kuyup untuk proses pemandian ini bisa dilakukan pada pagi hari, siang hari, ataupun sore hari. Intinya dilakukan setiap satu kali saja dalam sehari secara konsisten pada waktu yang sama, menyesuaikan dengan waktu luang sobat Kicaumania, jangan sampai gonti-ganti settingan untuk proses pemandiannya supaya burung bisa mudah beradaptasi.

Tempatkan Burung di Tempat yang Ramai

Kemudian tips yang kedua adalah sobat Kicaumania bisa tempatkan burungnya di tempat yang ramai, bisa di teras atau ruang tamu ataupun di dapur. Dengan kondisi ramai burung itu akan cepat beradaptasi dan jinak dengan manusia, berbeda dengan di alam liar burung tidak pernah berinteraksi dengan manusia sehingga situasi dan kondisi pasti berbeda.

Tempatkan Burung di Tempat yang Rendah

Tips yang ketiga adalah tempatkan burung di tempat yang rendah, jadi digantung ditempat yang rendah tingginya sekitar satu meter atau satu setengah meter saja. Bisa juga di lantai, kalau kami seringnya ini ditempatkan di lantai, yang penting tidak ada gangguan hewan yang lain.

Jadi intinya seperti itu ya simpel banget jadi sobat Kicaumania itu tidak perlu melakukan hal-hal yang ribet, cukup dengan tiga cara tadi yang penting melakukannya secara konsisten, Insya Allah dalam waktu dua bulan ataupun tiga bulan burung trucukan ini sudah jinak. 

Oke kita cukupkan saja, semoga pembahasan tentang cara menjinakan burung trucukan ombyokan yang giras ini bisa bermanfaat, apabila ada pertanyaan bisa disampaikan di kolom komentar.



EmoticonEmoticon