-->

Rabu, 16 November 2022

5 Cara Ampuh Melatih Agar Trucukan Ropel Panjang dengan Maksimal

Assalaamualaikum warohmatullohi wabarokatuh, Halo sobat Kicaumania kali ini kami kawanibird.com ingin berbagai tips tentang perawatan burung trucukan, cara melatih agar trucukan ropel panjang. Untuk melatih burung trucukan supaya ropel panjang ada hal-hal yang harus Kicaumania perhatikan agar burung trucukan ini bisa maksimal. 

Hal-hal yang harus Kicaumania perhatikan yaitu, pertama perhatikan karakteristik burung tersebut, yang kedua tingkat kemapanan burung trucukan, ketiga masalah pemberian extra fooding, terakhir masalah mandi, jemur, pengkrodongan,serta pengembunan.

5 Cara Ampuh Melatih Agar Trucukan Ropel Panjang dengan Maksimal
Cara Melatih Agar Trucukan Ropel Panjang


Melatih Burung Trucukan Agar Ropel Panjang

Sobat Kicaumania harus memperhatikan hal-hal di atas tadi, kalau tidak diperhatikan walaupun tipe burung ini tidak mau dirawat secara berlebihan, ini dapat menghambat perkembangan kicauan burung trucukan milik Kicaumania, salah satunya dapat menghambat trucukan tidak bisa ropel panjang.

1. Perhatikan Tingkat Kemapanan dan Karakter Burung Trucukan

Yang pertama untuk menerapkan cara ini kita harus memperhatikan tingkat kemapanan burung trucukan, artinya kita perhatikan burung tersebut apakah sudah nyaman atau tidak di lingkungan barunya. Kalau burung trucukan sudah nyaman, burung akan cenderung cenderung aktif atau giras.

2. Pemberian Extra Fooding yang Benar

Selanjutnya, walaupun burung trucukan adalah salah satu burung yang tidak suka dirawat secara berlebihan tapi Kicaumania juga harus memperhatikan pemberian extra fooding yang benar, seperti buah dan jangkrik. 

Nah untuk pemberian EF jangkrik yang benar, Kicaumania bisa menyesesuaikan dengan tingkat birahi burung trucukan Kicaumania, jika burung trucukan tingkat birahinya rendah sobat Kicaumania bisa berikan 3-5 ekor jangkrik, tapi jika burung trucukan tingkat birahinya tinggi, maka pemberian EF jangkrik cukup 2-3 ekor saja.

Untuk pemberian EF buah yang benar, indikatornya sama yaitu tingkat birahi burung tersebut, jika tingkat birahi burung trucukan cenderung tinggi kita bisa berikan buah timun dan buah papaya, tapi jika tingkat birahi cenderung rendah kita bisa berikan buah sawo dan apel merah. Jika dirasa tingkat birahi burung trucukan sudah stabil, sobat Kicaumania bisa kembalikan ke settingan harian, jadi buahnya cukup buah pisang saja.

3. Pemandian dan Penjemuran

Selanjutnya masalah mandi dan jemur, meskipun burung trucukan tidak suka dirawat secara berlebihan tapi kita juga harus memperhatikan mandi dan jemur, supaya burung ini tetap sehat dan bisa seimbang dengan suhu tubuhnya, untuk penjemurannya pastikan dijemur di bawah jam 10 pagi, cukup 30 sampai 1 jam saja, dan untuk pemandiannya ini kita perhatikan juga, jangan sampai kita paksakan terkecuali sedang penjinakan pada burung trucukan, tapi kalau sudah melalui proses treatment agar trucukan ropel panjang, kita jangan pernah memaksakannya untuk mandi. 

Jika kita paksakan trucukan mandi maka sebaliknya burung akan lebih stres, indikator burung nyaman dan mau kita mandikan, yaitu burung akan cenderung merapikan bulu-bulunya dan burung tidak giras atau gelapakan saat kita semprotkan air.

4. Pengkrodongan dan Pengablakan

Pengkrodongan dan pengablakan juga perlu diperhatikan, jangan sampai kita paksakan burung ini harus dikerodong karena tidak semua burung trucukan mau dikrodong, kecuali burung tersebut sedang masa mabung maka wajib hukumnya agar full krodong. Intinya carilah titik nyaman burung trucukan sobat Kicaumania agar burung mau bunyi dan ropel panjang.

5. Lakukan Pengembunan dengan Rutin

Selanjutnya adalah pengembunan, untuk pengembunan ini bersifat wajib untuk burung trucukan, biasanya burung trucukan mapan yang rutin diembun di waktu subuh pasti normalnya burung akan cenderung aktif berbunyi. 

Jadi kita rawat burung dengan pengembunan yang rutin, ini bertujuan agar burung lebih fresh dan dapat memnacing burung trucukan agar rajin bunyi. Nah jika semua cara agar trucukan ropel panjang diatas sudah kita jalankan, pastinya sobat Kicaumania akan melihat perkembangan burung tersebut dan pastinya burung ini akan lebih aktif bunyi, karena burung trucukan sudah merasa nyaman dengan rawatan kita sendiri. 

 


EmoticonEmoticon