-->

Jumat, 14 Oktober 2022

7 Tips Merawat Burung Murai Batu Saat Mabung

Mabung merupakan kondisi ketika bulu burung mengalami perganti dari bulu yang lama ke bulu yang baru. Saat proses mabung berlangsung, Kicau Mania perlu memerhatikan perawatannya, supaya mabung dapat berjalan lancar. Untuk mengetahuinya, berikut kami berikan tips merawat burung murai batu mabung.

7 Tips Merawat Burung Murai Batu Saat Mabung
 7 Tips Merawat Burung Murai Batu  Mabung

Tips Perawatan Burung Murai Batu Mabung yang Benar

1. Memberikan Nutrisi yang Cukup

Jika bulu rontok disebabkan oleh murai mabung, dapat diberikan perawatan untuk memenuhi nutrisinya. Pasalnya, ketika perontokan bulu terjadi, murai membutuhkan banyak energi untuk penumbuhan bulu baru.

Berikan asupan nutrisi yang cukup, supaya saat proses murai mabung terjadi dapat berjalan lancar. Pemberian nutrisi ini, sebaiknya dapat mengurangi kadar protein. Pasalnya, murai hanya memerlukan protein sekitar 16-20% saat mabung. Untuk memenuhi asupan nutrisi, dapat memberikan mineral, vitamin, suplemen tambahan, serta campuran pur dan susu bubuk.  Selain itu, sebaiknya juga kurangi pemberian jangkrik dan ulat hongkong.

2. Memberikan Tempat di Sangkar Khusus

Supaya proses mabung burung murai batu dapat berjalan dengan baik, maka perlu menghindari gangguan. Dalam menghindari gangguan tersebut Kicau Mania bisa memisahkan murai yang sedang mabung di sangkar khusus. Kemudian, tutupi sangkar menggunakan kain. 

3. Menjaga Kebersihan Kandang

Supaya burung tetap terjaga kesehatannya dan merasa nyaman, tentu membersihkan kandang menjadi hal yang penting sebagai tips merawat burung murai batu mabung. Dengan begitu, murai akan terhindar dari berbagai serangan penyakit. Terutama, ketika murai sedang mabung, akan membuat kandang  menjadi lebih cepat kotor. 

Apabila adanya kotoran murai batu yang mengandung amonia, maka harus segera menyingkirkannya. Pasalnya,  amonia sangat berbahaya apabila terhirup. Sebaiknya, bersihkan kandang sekitar 2-3 kali untuk setiap harinya.

4. Memperhatikan Intensitas Mandi

Ketika bulu mengalami kerontokan yang disebabkan oleh mabung, dalam memerhatikan intensitas mandi burung murai. Sebaiknya, memandikan murai setiap seminggu sekali. Waktu yang tepat untuk memandikannya ialah tepat pada jam 12 siang, supaya dapat mempercepat proses mabung, sehingga burung tidak akan merasa tersiksa akibat prosesnya yang berjalan lama.

5. Memberikan Obat Pembasmi Kutu

Apabila burung mengalami kerontokan bulu yang disebabkan oleh kutu, berikan obat pembasmi kutu yang berupa spray. Caranya, cukup menyemprotkannya pada bulu-bulu murai secara merata. Biasanya, dalam waktu singkat kerontokan bulu tersebut dapat teratasi dengan baik.

6. Menghindari Menjemur Murai

Ketika murai selesai dimandikan, hindari untuk menjemurnya., cukup dengan diangin-anginkan saja. Pasalnya, menjemur murai dapat membuat bulu burung murai yang baru tumbuh menjadi kering, sehingga akan menyebabkannya lebih cepat rusak.

7. Melindungi dari Angin Malam

Tips merawat burung murai batu mabung yang terakhir adalah lindungi dari terpaan angin malam. Ketika malam hari, sebaiknya meletakkan sangkar burung agak ke dalam bagian rumah. Hal ini supaya, murai tidak terlindungi dari angin malam secara berlebihan. Dengan begitu, proses mabung dapat berjalan lancar.

Itulah, cara merawat murai yang sedang mabung. Ketahui, untuk info harga anakan murai batu 2023 silahkan menghubungi kami. 



EmoticonEmoticon