-->

Jumat, 14 Oktober 2022

Harga Sangkar Murai Batu No 1 No 2 Dan No 3 Berikut Tips Perawatannya

Jika Kicau Mania memiliki burung peliharaan, tentu dibutuhkannya rumah atau sangkar yang nyaman bagi burung. Salah satu sangkar yang bisa menjadi pilihan, yaitu sangkar murai. Untuk mengetahui keunikan dan harga sangkar murai batu no 1 no 2 dan no 3, berikut simak di bawah ini.

Harga Sangkar Murai Batu No 1 No 2 Dan No 3 Berikut Tips Perawatannya
Harga Sangkar Murai Batu No 1 No 2 Dan No 3

Awal Mula Muncul Sangkar Murai Batu

Pertama kali sangkar murai muncul yakni pada awal tahun 1900-an. Sangkar Murai ini dibuat oleh seseorang yang bernama Murai. Ia merupakan pengrajin sangkar burung agar dapat menjaga burung murai peliharaannya supaya aman.

Sangkar Murai memiliki ciri khas, yaitu adanya tempat pangklingan, sehingga burung murai dapat bertengger dengan nyaman. Selain itu, sangkar ini dirancang agar dapat memberikan sirkulasi udara dan cahaya guna dalam menjaga kesehatan burung murai. Saat ini, sangkar murai menjadi salah satu jenis sangkar burung yang paling populer di pasaran Indonesia.

Keunikan Sangkar Murai

Sangkar Murai dibuat dari bambu dengan kerajinan tangan. Desainnya membuat burung dapat hinggap di tenggeran sangkar. Ruang sangkar ini juga cukup luas, sehingga dapat memberikan burung untuk bergerak lebih bebas. Dengan dilengkapi baki yang dapat dilepas-pasang, akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Kegunaan Sangkar Murai

Kegunaan sangkar murai salah satunya ialah sebagai tempat pakan burung. Sangkar ini bisa digantung di bangunan kokoh atau pohon, lalu diisi oleh burung murai atau burung sejenisnya. Burung pun akan bertengger di dalam sangkar.

Harga Sangkar Murai Batu No 1 No 2 dan No 3

Sangkar murai yang memiliki desain yang sederhana dan sangat kokoh ini tentu menjadi pilihan tepat bagi Kicau Mania yang ingin melindungi burung peliharaan. Harganya sendiri cukup bervariasi. Hal tersebut tergantung dari ukuran, kualitas kayu, dan aksesoris yang digunakan. Umumnya, harga sangkar murai mulai Rp500 ribu sampai Rp2 juta.

Jenis-Jenis Sangkar Murai

Terdapat tiga jenis ukuran sangkar murai, yaitu:

Sangkar Murai Batu No 1

Sangkar murai jenis ini mempunyai ukuran diameter, yaitu 60 cm dan tinggi 79 cm.

Sangkar Murai Batu No 2

Sangkar jenis ini mempunyai ukuran dengan diameter 58 cm. Sangkar ini sangat cocok untuk burung dengan ruang yang luas dan nyaman. Pasalnya, sangkar ini didesain dengan mempertimbangkan kebutuhan burung, seperti jarak kawat sesuai untuk burung yang lebih besar, adanya banyak ruang untuk bertengger, tempat makanan yang besar, serta adanya tempat air. 

Sangkar Murai Batu no 3

Ukuran sangkar burung murai no 3 mempunyai diameter sekitar 54-56 dengan toleransi kurang lebih 2 cm

Tips Merawat Sangkar Murai Batu

Supaya sangkar murai dapat awet dan terjaga kebersihannya, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan. 

  • Letakkan sangkar murai pada tempat yang terkena sinar matahari.
  • Bersihkan secara rutin kotoran burung murai setiap harinya.
  • Lap atau cuci sangkar menggunakan kain lembab setiap seminggu sekali untuk menjaga kebersihannya.

Itulah, harga sangkar murai batu no 1 no 2 dan no 3. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu Kicau Mania. Jika ingin mengetahui harga anakan murai batu 2023, silakan hubungi kami.



EmoticonEmoticon