-->

Selasa, 11 Oktober 2022

Penasaran dengan Harga Anakan Murai Batu 2023? Berikut 4 Tips Merawat Murai Batu yang Kicau Mania Butuhkan!

Banyak sekali manfaat yang akan Kicau Mania rasakan ketika memutuskan untuk memelihara Burung Kicau, seperti Burung Murai Batu. Seperti yang sudah Kicau Mania ketahui, merawat binatang apapun dapat menjadi cara untuk menenangkan pikirkan serta belajar banyak hal baru. Salah satu hal yang sangat sering ditanyakan oleh Kicau Mania yang baru saja bergabung adalah Harga Anakan Murai Batu 2023. Baik Harga Murai Batu Sepasang ataupun yang lainnya tentu saja bisa berubah dari waktu ke waktu. Selama Pandemi Covid, semakin banyak yang memutuskan untuk membeli Burung Murai Batu. Berikut adalah tips merawat Murai Batu dan Harga Anakan Murai Batu 2023 yang bisa Kicau Mania dapatkan!

Harga Anakan Murai Batu
Harga Anakan Murai Batu 2023

Harga Anakan Murai Batu dan Tips Merawatnya

Untuk harga anakan murai batu itu bervariasi, tetapi pada umumnya dibandrol kisaran harga Rp.700.000 yang usianya sekitar 3 bulanan hingga Rp.2000.000 untuk yang jenis murai batu medan super atau dari trah indukan yang berprestasi. Kicau Mania bisa simak 4 tips merawat murai batu harian dengan baik dan benar.

Memahami Pola Tumbuh Murai Batu

Sebelum mengetahui Harga Anakan Murai Batu Ekor Panjang, Kicau Mania harus memahami pola tumbuh dari burung Murai Batu terlebih dahulu. Hal ini akan membuat Kicau Mania semakin yakin dan bisa mengetahui apa saja yang harus dilakukan ketika sudah memiliki Burung Murai Batu.  Pola tumbuh Anakan Murai Batu terbagi menjadi beberapa bagian yaitu ketika anakan usia 1-7 hari, 8-14 hari, 15-30 hari, lalu ketika usianya masuk 2 bulan, dan 4 bulan. 

Tentu saja cukup banyak yang harus Kicau Mania ketahui terlebih dahulu, dan cara mudah agar bisa tetap mengetahui pola perkembangan Murai Batu, Kicau Mania sangat disarankan untuk menulis perkembangan setiap saat. Hal ini akan membuat Kicau Mania tidak mudah lupa dan bingung ketika harus merawat Murai Batu setiap harinya. 

Harga Murai Batu Ekor 21 cm bisa Kicau Mania dapatkan mulai dari Harga Rp2.500.000 sesuai dengan kondisi Murai Batu Ekor 21. Kicau Mania bisa mendapatkan Murai Batu terbaik karena semua Murai Batu yang kami miliki sudah terjamin kualitas dan kondisinya. 

Tidak perlu merasa khawatir, terutama untuk Kicau Mania yang baru saja mulai memelihara Murai Batu. Sebelum itu, sebaiknya memahami pola tumbuh dan kembang Murai Batu terlebih dahulu sehingga sudah siap dalam memelihara dan mendapatkan keuntungan dari Murai Batu. 

Tidak Sembarangan Memberi Menu dan Waktu Makan

Cara Merawat Trotolan Murai Batu Agar Cepat Mutasi Bulu juga masih berhubungan erat dengan penjelasan sebelumnya. Murai Batu yang sudah Kicau Mania dapatkan dengan Harga Anakan Murai Batu 2023 terbaik sangat sensitif, terutama dalam usia 7 hari. Memperhatikan menu makanan yang diberikan dan juga waktu makan adalah kunci untuk bisa melewati masa-masa kritis tersebut. Ketika anakan Murai Batu menginjak usia 7 hari, Kicau Mania bisa memberikan kroto segar.

Tips Merawat Burung Murai Batu Mabung yaitu memberikan Kroto yang masih segar dan harus dicelupkan pada air matang terlebih dahulu sebelum diberikan  kepada anakan Murai Batu. Hal ini akan membuat kroto menjadi lengket dan mudah untuk ditelan dan dicerna oleh anakan Murai Batu. Kesalahan yang banyak dilakukan adalah memberikan kroto terlalu banyak sehingga hal ini bisa membuat organ dalam anakan Murai Batu kesulitan mencerna makanan. 

Kroto yang dicampur dengan Voer bisa Kicau Mania sajikan kepada anakan Murai Batu pada usia 8 hingga 14 hari. Voer haru dicampur dengan air hangat sehingga bisa menjadi halus sekali teksturnya. Perpaduan antara kroto dan Voer harus 70:30 dan harus habis dalam sekali makan dengan durasi makan 15 hingga 20 menit. 

Perpaduan Kroto dan Voer terus berubah hingga menjadi 50:50 ketika usia Burung Murai Batu 15 hari. Ketika menginjak usia 21 hari, Kicau Mania dapat memberikan jangkrik dengan ukuran yang tidak terlalu besar menggunakan lidi kepada Burung Murai Batu. 

Membawa Murai Batu Ke Luar Rumah Setiap Pagi

Penyebab Murai Batu Susah Bongkar Isian sangat banyak dan hal ini tentu saja membuat Kicau Mania semakin bingung. Penyebab seperti kurangnya perawatan harian yang diberikan, kondisi Murai Batu yang tidak prima, birahi berlebihan, hingga demam panggung menjadi hal yang bisa membuat Murai Batu susah bongkar isian. Salah satu cara agar hal ini tidak terjadi adalah dengan membawa Murai Batu ke luar rumah setiap pagi. 

Ketika pagi tiba, sekitar jam 6 sebaiknya Kicau Mania mengeluarkan Murai Batu dari kandang  dan membiarkan Murai Batu merasakan udara segar serta berkicau dengan puas. Hal ini menjadi cara agar Burung Murai selalu sehat dan merasa baik-baik saja. Membersihkan Burung Murai dan juga kandang yang digunakan menjadi cara agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. 

Jenis-jenis Burung Murai Batu juga harus Kicau Mania ketahui agar bisa menyesuaikan dengan perawatan yang ada. Murai Batu Medan, Murai Batu Lampung, Murai Batu Nias, Murai Batu Aceh, Murai Batu Lahat, Murai Batu Borneo, Murai Batu Larwo, Murai Batu Balak, dan Murai Batu Thailand merupakan jenis-jenis burung Murai Batu yang bisa Kicau Mania temukan di Indonesia. 

Apabila Kicau Mania penasaran dengan Harga Murai Batu Trotolan Albino, Burung ini bisa Kicau Mania dapatkan dengan harga termurah Rp9.500.000. Tentu saja karena sangat langka, harga Murai Batu Trotolan Albino sangat tinggi. 

Menggunakan Kandang Umbaran

Cara merawat Burung Murai Batu yang terakhir adalah dengan menggunakan kandang umbaran. Kandang juga menjadi faktor agar Murai Batu bisa merasa tenang dan nyaman. Menggunakan kandang Umbaran menjadi pilihan yang tepat untuk Kicau Mania. 

Kandang Umbaran memiliki manfaat untuk menurunkan kadar birahi burung Murai Batu. Selain itu, Kandang Umbaran juga bisa membuat Murai yang terlalu jinak. Apabila Kicau Mania mencari kandang yang membuat nafas Murai Batu semakin panjang, kandang umbaran menjadi pilihan yang tepat. 

Tetapi, menggunakan sangkar juga menjadi solusi lain apabila Kicau Mania memiliki lahan yang terbatas. Harga Sangkar Murai Batu No 1 No 2 dan No 3 mulai dari Rp650.000 hingga Rp900.000, dan bisa Kicau Mania sesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang ada. 

Kicau Mania bisa memanfaatkan Burung Lovebird, Kapas Tembak, Sogok Ontong, Serindit, Burung Gereja, Tengkek Buto, Burung Pelatuk, Cucak Jenggot, Kenari, dan Cilin. Rekomendasi Isian Materi untuk Murai Batu tentu saja menjadi hal yang sangat penting. 

Tentu saja akan banyak sekali hal yang harus Kicau Mania siapkan sebelum memulai perawatan Burung Murai Batu. Mulai dari pemahaman terhadap pola tumbuhnya, jam makan, menu makanan yang harus diperhatikan, kandang yang baik, dan cara agar Burung Murai tidak stress. Tetapi Kicau Mania akan merasakan banyak sekali manfaat ketika sudah memiliki Murai Batu. 

Informasi di atas berkenaan dengan tips merawat Burung Murai Batu beserta Harga Anakan Murai Batu 2023 dapat Kicau Mania jadikan sebagai referensi. Merawat Burung Murai Batu menjadi hal yang sangat mudah untuk siapapun. Pastikan Kicau Mania mendapatkan anakan Murai Batu terbaik untuk dirawat.



EmoticonEmoticon