-->

Kamis, 13 Oktober 2022

Cara Merawat Trotolan Murai Batu Agar Cepat Mutasi Bulu

Cara merawat trotolan murai batu agar cepat mutasi bulu membutuhkan waktu dan keuletan tersendiri. Namun, tetap memiliki kepuasan tersendiri, saat murai batu trotolan tumbuh dewasa.

Perawatan kali ini yang akan disampaikan di bawah ini, dimana agar murai batu trotolan cepat dan berganti bulu dewasa. Mulai dari perawatan di umur 1,5 bulan sampai mabung pertama selesai.

Cara Merawat Trotolan Murai Batu Agar Cepat Mutasi Bulu
 Cara Merawat Trotolan Murai Batu Agar Cepat Mutasi Bulu

Perawatan Murai Batu Trotol Agar Proses Mutasi Bulu Cepat

Agar Murai batu trotol cepat mabung dengan sempurna, maka perawatannya bisa dimulai saat burung berumur 1,5 bulan. Berikut cara merawat trotolan murai batu agar cepat mutasi bulu, antara lain:

1. Settingan Pakan Murai Batu Trotol

Untuk mendukung pertumbuhan burung menjadi bagus, maka pakan ekstra fooding harus diberikan dengan cukup. Sehingga pemberian pakan mempunyai tujuan utama untuk membantu pertumbuhan burung menjadi sempurna. 

Pakan ekstra fooding seperti jangkrik akan diberikan 8 hingga 10 ekor setiap pagi, dan 1 sendok teh kroto. Namun, jika tidak ada kroto, pada saat pagi hari harus memberikan jangkrik 15 ekor, dan 10 ekor jangkrik kembali pada sore hari.
Memandikan Murai Trotol

2. Memandikan Murai Batu Trotol

Harga Anakan Murai Batu 2023 sendiri sangat murah. Apabila burung tidak mau usahakan agar mandi sendiri di keramba dengan cara menyemprotkan badanya. Apabila murai batu ternak tidak bisa mandi sendiri di keramba, maka hingga dewasa tidak akan mandi sendiri. 

3. Penjemuran Murai Batu Trotol

Dikarenakan fokus utama dalam merawat murai batu trotolan adalah pertumbuhan burung dan bulu dewasa. Proses perawatan burung ini dilakukan seperti proses perawatan murai batu yang sedang mabung. 

Meskipun cukup menjemur burung, maka sebaiknya di jemur selama 15 menit saja. Hal ini untuk menghangatkan tubuh burung, karena tanpa menjemur burung trotolan suara burung tetap memiliki suara yang sehat.

3. Tempat yang Cocok untuk Murai Batu Trotolan

Cara merawat trotolan murai batu agar cepat mutasi bulu, bisa mendukung dan memaksimalkan tumbuh kembang murai trotol, alangkah baiknya pilih tempat yang bagus. Misalnya saja seperti memiliki sirkulasi udara yang bagus dan untuk beberapa waktu tempat penyimpanan burung jangan di berpindah tempat.

Hindari penyimpanan murai trotol di tempat yang panas, pengap, sirkulasi udara buruk serta kurang pencahayaan. Hal ini karena bisa berakibat buruk pada kesehatan burung.

4. Pemasteran Murai Batu Trotol

Ibarat kertas putih, murai batu trotol masih belum diisi apapun. Dimana burung murai trotol ternak, perlu sekali dilatih agar memiliki suara kicauan yang diinginkan oleh pemiliknya.

Berbeda halnya, murai batu hasil tangkapan hutan, burung telah memiliki variasi suara kicauan yang terlatih sendiri secara alami. Jadi, proses memaster murai batu pada saat masih trotolan nantinya bisa menentukan burung agar memiliki variasi dan suara isian.

Itu saja beberapa cara merawat trotolan murai batu agar cepat mutasi bulu. Semoga bisa memberikan manfaat dan wawasan.



EmoticonEmoticon