-->

Kamis, 13 Oktober 2022

Begini Cara Mengatasi Murai Batu Susah Bongkar Isian

Murai Batu merupakan burung kicau terpopuler dan sering kali dilombakan karena memiliki keunikan tersendiri. Kicau Mania harus tahu nih, Murai Batu memiliki variasi gaya dan suara yang unik dan belum tentu dimiliki oleh burung peliharaan lainnya. Namun bagaimana cara mengatasi Murai Batu susah bongkar isian? Kendala satu ini memang sering kali terjadi saat burung dilombakan, oleh sebab itu kami akan memberikan solusi yang bisa dilakukan. 

Begini Cara Mengatasi Murai Batu Susah Bongkar Isian
 Begini Cara Mengatasi Murai Batu Susah Bongkar Isian

Murai Batu yang tidak dapat mengeluarkan isian bisa menyebabkan kegagalan dalam meraih juara. Apalagi jika Kicau Mania ikut melombakannya dalam event bergengsi seperti Even Cup maupun Latpres tentunya mustahil bisa mendapatkan urutan terbaik. Apalagi harga anakan Murai Batu 2023 memiliki potensi meningkat, sehingga Kicau Mania harus bisa memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin untuk mendapatkan keuntungan nantinya. 

Perawatan Harian Burung Murai Batu Susah Bongkar Isian:

Melakukan Pengaturan Embun Pagi

Kicau Mania sudah sering mengembunkan Murai Batu tiap harinya? Menurut kami embun pagi memang memberikan manfaat yang besar bagi Murai Batu. Dengan mengembunkannya setiap pagi, maka burung akan lebih mudah untuk membongkar isian. Banyak 5-6 Murai Batu tidak dapat bongkar isian karena jarang terkena embun pagi. Jadi mulai sekarang usahakan untuk membuatnya selalu terkena embun pagi secara rutin dengan perawatan lainnya yang mendukung.

Memperbaiki Perawatan Harian Secara Optimal

Murai Batu susah bongkar isian bisa diatasi dengan memperbaiki perawatan harian secara optimal. Biasanya ada beberapa jenis perawatan pada Murai Batu yang tidak cocok sehingga membuatnya tidak nyaman untuk melakukan aktivitas apapun. Coba koreksi kembali rawatan harian mulai dari perawatan pagi sampai sore meliputi pengembunan, mandi, menjemur sampai bagian pengumbaran perlu dilakukan dengan cara yang benar. 

Tips perawatan harian yang bisa Kicau Mania lakukan yakni melakukan melakukan pengembunan mulai dari pukul 04.00 WIB. Memasuki pukul 06.00 WIB coba berikan Murai Batu dengan makanan jangkrik yang sesuai dengan settingan seperti biasanya. Pukul 06.10 WIB, keluarkan Murai Batu kemudian jemur sementara waktu agar suhunya tidak terlalu panas. Pada pukul 7-8 WIB, maka waktunya Murai Batu untuk diumbar dan dimandikan. 

Pengumbaran bisa dilakukan setidaknya 1x-3x dalam seminggu. Setelah selesai diumbar dan dimandikan, maka burung bisa di angin-anginkan kemudian dikrodong untuk dimasukkan dalam rumah. Masteri burung selama 15 menit, kemudian pada waktu sore hari berikan EF sesuai kebutuhan lalu kembali di krodong. Masteri Murai Burung pada pukul 08.30 malam dengan menggunakan MP3. Coba lihat perubahan Murai Batu berikutnya!

Saat Murai Batu akan diperlombakan, maka sebaiknya pilih tempat yang jauh dengan cucak ijo, kacer, sejenis MB. Lebih baik dekatkan burung dengan masteran semacam kenari, cucak jenggot, dan LB. Sudah paham cara mengatasi Murai Batu susah bongkar isian? Yang terpenting perhatikan masalah perawatan dan juga setting tempat perlombaan ya!



EmoticonEmoticon