-->

Jumat, 14 Oktober 2022

Kenali Jenis - Jenis Burung Murai Batu yang Unik dan Banyak Diminati

Mungkin banyak orang yang menanyakan apa sih istimewanya burung Murai Batu? Ya, burung satu ini terkenal memiliki postur tubuh yang sangat indah dengan suara merdu. Walaupun jenis-jenis burung Murai Batu memiliki tubuh mungil, namun ekornya panjang. Kalau bicara soal suara, banyak burung Murai Batu yang sering kali diperlombakan dan bisa mendapatkan keuntungan mulai dari Rp50 juta sampai Rp800 juta. Lalu berapa harga anakan Murai Batu?

Kenali Jenis-Jenis Burung Murai Batu yang Unik dan Banyak Diminati
Jenis-Jenis Burung Murai Batu

Harga anakan Murai Batu 2023 bisa saja lebih tinggi dari nominal Rp3,5 juta sampai dengan Rp5 juta. Walaupun kedengarannya sangat mahal, namun Kicau Mania akan menemukan kedamaian dan rasa gembira ketika mendengar suaranya. 

Jenis - Jenis Burung Murai Batu yang Banyak Diminati

Banyak orang yang memilih burung Murai Batu untuk dipelihara karena bisa menjadi hobi sekaligus investasi. Apa saja jenis burung Murai Batu yang sudah tersebar di Indonesia? Berikut ini penjelasan selengkapnya. 

Burung Murai Batu Nias

Murai Batu Nias pastinya berasal dari Nias, Sumatera Utara. Murai Nias memiliki kicau yang sangat khas dan mampu bersaing dengan burung kicau lainnya. Ukuran Murai Nias terkenal lebih mungil, suara keras dan jernih, dan banyak dijuluki “Tatohua” oleh orang Nias. Saat didiamkan di alam bebas, Murai Batu Nias bisa menirukan suara burung lainnya yang ada disekitar alam sehingga suasana akan lebih seru ketika terdengar. 

Burung Murai Batu Medan

Burung Murai Batu khas nusantara ini berasal dari Kota Medan dan terkenal sebagai jenis-jenis burung Murai Batu terbaik. Kicau Mania bisa menemukannya langsung di daerah Sumatera, pulau Jawa, dan juga Kalimantan. Burung Murai Medan banyak ditemukan di daerah desa pedalaman dan juga pegunungan. Apa yang menarik dari burung Murai? Yang istimewa dari burung Murai Medan yakni bagian ekornya dengan panjang sampai dengan 30 cm. 

Burung Murai Batu Kalimantan

Jika dibandingkan dengan jenis Murai Batu lainnya, burung satu ini memang buka primadona dan kicaunya juga tidak terlalu istimewa. Namun meskipun begitu, Kicau Mania tidak bisa meremehkannya. Murai Batu Kalimantan terkenal memiliki stamina tinggi sehingga hasil kicauannya bisa lebih stabil. Murai Batu Kalimantan memiliki ekor yang pendek sekitar 15 cm sampai dengan 20 cm. Tidak hanya itu, warna bulunya juga kontras dan dominan hitam pekat. 

Burung Murai Batu Lampung

Ukuran Murai Batu Lampung tidak jauh berbeda dengan Murai Medan, namun ekor yang dimiliki jauh lebih pendek. Murai Lampung tergolong jenis burung yang sering digunakan dalam dunia kompetisi, staminanya tinggi, dan suaranya yang sangat lantang. Murai Lampung tidak kenal lelah dan mampu menghasilkan suara terbaiknya. Ada lagi jenis-jenis burung Murai Batu yang kami pernah temui seperti Murai Irian, Murai Sabang, dan Murai Jawa. Setiap burung memiliki ciri khas tersendiri sehingga dibandrol dengan harga berbeda-beda.



EmoticonEmoticon