-->

Senin, 26 September 2022

Tips Merawat Murai Batu Trotol Yang Benar

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tips merawat murai batu trotol yang benar yang sebelumnya kami telah memberikan sedikit informasi tentang bagaimana cara memilih murai batu trotol. Jika para kicaumania sudah membeli murai batu trotol, di artikel kali ini kami akan menjabarkan bagaimana tips merawat murai batu trotol yang benar. 

Tips Merawat Murai Batu Trotol Yang Benar

Merawat Murai Batu Trotol Beradasrkan Usia Yang Benar

1. Murai Batu Trotol Usia 0 - 2,5 Bulan

Jadi kami akan jabarkan terlebih dahulu step yang pertama usia 0-2,5 bulan nah di usia ini  umumnya masih ditangan peternak sebelum didik diberikan kepada calon pembeli, biasanya para peternak meloloh dengan voer basah untuk atau voer yang sudah diproduksi oleh para peternak sendiri. Para peternak juga memberi tambahan kroto dan jangkrik, jumlah jangkrik sih tergantung dari peternak itu ada yang jumlahnya 10 ekor 20 ekor atau mungkin 30 ekor dalam sehari. Di usia 0-2,5 bulan kroto juga diberikan untuk campuran cukup 1 sendok teh saja untuk 1 trorol, di point ini trotol jelas non jemur karena biasanya ditempatkan di bawah bohlam atau lampu yang berwarna kuning, supaya badannya tetap hangat dan diusahakan trotol ini harus dimasteri dengan burung-burung kecil nah burung kecil ini bisa konin, sogon, atau burung kecil lainnya. 

Di usia ini yang penting kita menjaga ritme pemberian pakannya yang teratur dan konsisten di jamnya agar dia tidak kelaparan serta asupan gizinya juga pas, kalau kami tidak mau ada batasan EF karena ini masa pertumbuhan trorol. Seperti halnya manusia dia butuh asupan gizi yang baik untuk masa pertumbuhannya ini berguna untuk masa pertumbuhan tulangnya, pertumbuhan badannya, serta kemampuan saraf motoriknya untuk merekam masteran. 

2. Murai Batu Trotol Usia 2,5 - 5 Bulan

Usia yang paling fatal penangannya dari 2,5 - 5 bulan, Di usia ini biasanya para peternak sudah mendistribusikan trotolannya dan trotolan yang kita terima banyak faktor penting yang harus kita perhatikan yang pertama adalah EF kami tidak pernah mau membatasi karena yang seperti kami bilang di usia ini pemberian EF ini akan berpengaruh terhadap perkembangan dari trotol murai batu itu sendiri semakin bagus dan semakin berkualitas EF yang kita sajikan tentunya dia akan tumbuh dengan optimal. 

Kalau ada pembatasan EF itu nanti perkembangan dari sel-sel tubuh kurang begitu optimal karena justru di masa ini adalah masa dimana trotol ini akan berkembang dengan baik untuk itu butuh asupan gizi bagus. Untuk itu saya menyarankan setiap pagi jangkrik 10 ekor dan 10 ekor sore, 10 ekor mungkin berlebihan tapi sejauh ini yang kami amati dan cermati tidak ada masalah dan ketika dewasa luar biasa semua mampu menjadi juara.

Sedangkan untuk kroto bagi rekan-rekan kicau mania mungkin keberatan, untuk pemberian kroto kalau kami berikan setiap hari, meskipun sedikit tapi kroto adalah asupan protein yang baik untuk pertumbuhan. Ini mempercepat proses untuk beranjak ke pendewasaan dia jatuhkan bulu lebih cepat dari biasanya, yang normalnya jatuh bulu antara 5 - 9 bulan, kalau trotol yang kami pelihara rata-rata menjatuhkan bulu itu di usia 6 bulan dan ganti bulu baru.

Saat usia 4 bulan atau 5 bulan kita harus mulai mengajari trotol masuk ke keramba untuk mandi karena mengajarkan diusia dini itu penting, menurut kami itu akan membuat lebih mudah untuk menyetting burung ketika dewasa nanti. Karena ketika mandinya bisa masuk keramba otomatis gonta-ganti sangkarpun enak, yang kedua mengatur birahi burung sangat mudah karena dengan mandi yang yang nyaman kita tahu burung ini birahi atau over emosi kita bisa mengatur dengan baik mulai dini, diusahakan burung bisa masuk keluar masuk keramba dengan baik. 

Untuk pemasterannya seperti biasa menggunakan burung-burung kecil terlebih dahulu, tapi ada tambahan beberapa masteran yang kasar misal, love brid, cililin,kapas tembak, dan sejenisnya dan yang pasti full krodong, pentingnya full krodong kalau kami tidak mau di usia ini terlalu banyak interaksi dengan manusia, akibatnya akan jinak dengan sendirinya. Kami tidak mau burung itu jinak, difull krodong juga supaya sifat liarnya ada dengan demikian sifat fighternya juga akan lebih tinggi. 



EmoticonEmoticon