-->

Rabu, 28 September 2022

Jenis - jenis Kenari Postur Yang Populer Di Indonesia

Halo assalamualaikum kicau mania, di artikel kali ini kami mau membahas jenis-jenis kenari postur yang populer di Indonesia. Pada dasarnya untuk jenis-jenis kenari itu dibagi menjadi 3 tipe yang pertama adalah tipe Kenari Postur dimana ada kenari yorkshire, scotfancy, belgian bossu dan lainnya yang akan kita bahas di artikel ini, yang kedua ada tipe Kenari Singer untuk yang jenis ini tidak terlalu memperhatikan postur yang penting suaranya bagus contohnya ada russian canary, waterslager, ada american singer dan juga spanish timbrado, untuk tipe yang ketiga ada Kenari Color atau kenari warna, tipe kenari warna ini ada red agate, silver agate, blackred dan lainnya.  

Jenis-jenis kenari populer di indonesia
Jenis - jenis Kenari Postur yang Populer di Indonesia

Dikesempatan kali ini kami mau membahas jenis - jenis kenari postur yang paling populer di Indonesia, sebenarnya ada puluhan untuk kenari postur ya di seluruh dunia dan juga sudah pernah masuk ke Indonesia tetapi sudah kami rangkum ada tujuh kenari postur yang paling populer di Indonesia, yang mana kenari mania terutama pemula wajib tahu, siapa tahu teman-teman tertarik untuk mengkoleksi semua jenis ini. 

Kenari Postur Yang Populer Di Indonesia

1. Kenari Scotch Fancy (SF)

jenis kenari
Kenari Scotch Fancy

Diurutan pertama Kenari Postur yaitu kenari scotch fancy atau yang lebih populer di indonesia disingkat menjadi kenari sf, menurut sumber yang kami dapatkan awal mulanya dikembangkan di negara Skotlandia sekitar tahun 1900-an. Jadi kenari ini asalnya atau pertama dikembangkan di negara Skotlandia, untuk sizenya kenari scotch fancy ini hanya sekitar 10 - 13 cm, jadi seukuran kenari lokal memang kenari scotch fancy ini ukurannya kecil cuman dengan ciri khas yang berbentuk bulan sabit, jadi tubuhnya itu melengkung dan bagus sekali. Nah di Indonesia sendiri sebenarnya kenari scotch fancy sudah masuk cukup lama sekitar tahun 2009 dan kembali populer di tahun 2017an. Di masa ini pun kenari jenis ini sangat digemari karena bentuk tubuhnya yang melengkung indah seperti bulan sabit. Untuk harga kenari scotch fancy saat ini dibanderol dimulai dari Rp.500.000 -  Rp.2000.000 tergantung spek dan posturnya juga.

2. Kenari Belgian Bossu (BB)

jenis kenari
Kenari Belgian Bossu

Jenis Kenari Postur yang kedua yaitu kenari belgian bossu atau belgie bossu, atau di Indonesia lebih populer disingkat menjadi kenari BB, nah kenari belgian bossu  ini pertama kali dikembangkan di negara Belgia, tapi untuk tahun pengembangnya kami tidak mendapatkan info yang valid, karena beberapa sumber ada yang menyebutkan sekitar tahun 1900-an, ada yang menyebutkan 1900 sekian. Untuk postur kenari ini hanya sekitar 11-13 cm jadi hampir sama dengan kenari scotch fancy, tapi ada keunikannya sendiri kenari belgian bossu ini walaupun mempunyai ekor yang sedikit melengkung bentuk kepala dari belgian bossu ini membungkuk, jadi kepalanya seperti unta dengan keunikannya inilah yang membuat kenari belgian bossu ini sangat populer di Indonesia sampai detik ini. Harga importnya dibanderol antara Rp.2000.000 - Rp.3000.000. 

Baca Juga: Jenis dan Harga Burung Kenari yang Populer di Indonesia 2023

3. Kenari Gloster

jenis kenari
Kenari Gloster

Diurutan ketiga unutk tipe Kenari Postur yaitu kenari gloster, jenis ini di Indonesia lebih sering disebut kenari jambul, kenari gloster ini berasal dari negara Inggris. Kenari gloster ini sebenarnya ada 2 jenis yaitu ada gloster corona dan gloster consort, untuk gloster corona ditandai dengan adanya jambul di kepalanya, sedangkan untuk gloster consort dia tidak mempunyai jambul namun bentuk tubuhnya sangat unik sekali kalau dilihat malah seperti boneka. Jadi kenari gloster ini berbentuk sangat bulat kemudian dengan kaki yang sangat pendek dengan ukuran tubuh sekitar mungkin sekitar 13 cm.

4. Kenari Giboso

jenis kenari
Kenari Giboso

Kenari Postur keempat yang populer di Indonesia yaitu kenari giboso menurut kami kenari giboso ini Kenari Postur yang paling ekstrim, karena posturnya itu sangat tinggi, tegap, dan panjang kemudian kepalanya membungkuk dan bulunya itu sangat berbeda dengan kenari - kenari lainnya. Ukuran tubuh kenari giboso ini sekitar 13-16 cm, jadi termasuk kenari berukuran besar, untuk daerah asalnya dari negara Spanyol, dan menurut sumber yang lain juga kenari giboso ini merupakan cikal bakal dari kenari rasmi jadi kenari rasmi akan kita bahasa di urutan terakhir. Di Indonesia harga kenari ini dibanderol sekitar Rp.3000.000 - Rp.6000.000.

5. Kenari Lancanshire (LC)

jenis kenari
Kenari Lancanshire

Diurutan kelima ada kenari lancanshire, untuk kenari lancanshire ini termasuk kenari besar, bisa dilihat memang seperti kenari yorkshire dan ternyata setelah kami telusuri memang kenari lancanshire ini adalah salah satu cikal bakal munculnya kenari yorkshire. Jenis kenari ini dikembangkan di akhir perang dunia ke-2 di negara Inggris, panjang tubuhnya hampir 20 cm. Di Indonesia kenari lancanshire sering disingkat kenari lc karena agak susah juga ya untuk nyebutnya hehe, untuk harga kenari lancanshire kami kurang tahu pasti karena saat ini sudah jarang sekali, tetapi bisa diperkirakan untuk kenari lancanshire  hari ini bisa seharga kenari yorkshire atau mungkin bahkan bisa lebih mahal. 

6. Kenari Yorkshire (YS)

jenis kenari
Kenari Yorkshire

Keenam ada kenari yorkshire, siapa sih yang gak kenal dengan kenari yorkshire. Kenari yorkshire ini mempunyai postur yang sangat besar dan paling populer di seluruh dunia dan disebut-sebut juga sebagai kenari dengan tahta tertinggi dalam dunia kenari karena memang postur badannya tegap, tinggi, dan besar kalau kita lihat memang sangat keren, jadi ini yang membuat para kicau mania wajib untuk mempunyai kenari yorkshire. Kenari jenis ini berasal dari negara Inggris yang tepatnya di kota yorkshire. Untuk ukuran tubuh kenari yorkshire sekitar 15-20 cm dan untuk harganya dibandrol Rp.5000.000 - Rp.10.000.000, tergantung ukuran postur dan speknya. 

7. Kenari Rasmi Boland

Jenis Kenari
Kenari Rasmi Boland

Diurutan terakhir atau ketujuh ada kenari rasmi boland, kenari jenis ini dikembangkan negara Iran. Menurut info yang kami dapat kenari rasmi ini berasal dari perkawinan silang antara kenari yorkshire dengan kenari giboso melalui proses yang sangat panjang. Kenari ini memiliki keunikan yang tidak ada duanya dibandingkan dengan kenari lain di seluruh dunia karena resmi bulan ini mempunyai panjang ekor yang sangat istimewa seperti burung cendet, untuk panjang ekornya saja itu bisa mencapai 10-12 cm sehingga kenari rasmi boland disebut menjadi salah satu kenari terpanjang di dunia saat ini. Nah untuk kenari rasmi boland mulai populer di Indonesia sekitar  tahun 2018an atau tahun 2019an kemarin karena di tahun itu banyak sekali importir yang memasukkan burung ini dari iran dan untuk harganya bandrol kisaran Rp.4000.000 - Rp.10.000.000 tergantung spek dan ukuran masing-masing.

Oke teman-teman itulah tadi pembahasan Jenis -jenis Kenari Postur yang Populer di Indonesia, untuk Kenari Postur ini sebenarnya ada banyak sekali jenisnya namun kami cukup bahas 7 jenis  yang paling popular di Indonesia, mungkin selanjutnya kami akan membahas tipe-tipe kenari singer seperti american singer, waterslager, russian canary dan dan juga kami akan membahas lagi kenari tipe color. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah edukasi untuk teman - teman kicau mania.



EmoticonEmoticon