-->

Selasa, 27 September 2022

4 Tips Memilih Kenari Yang Bagus Di Ombyokan Untuk Pemula

Halo kicau mania kali ini kami mau berbagi tips memilih kenari yang bagus di ombyokan. Nah, apa saja yang perlu kita perhatikan, ada 4 tips yang akan kami berikan di artikel ini dan bisa teman-teman perhatikan tipsnya satu persatu agar kita dapat kenari yang bagus.

Tips memilih kenari yang bagus di ombyokan
Tips Memilih Kenari Yang Bagus Di Ombyokan

4 Tips Memilih Kenari Yang Bagus Di Ombyokan

1. Fisik

Pertama ketika kita mau beli burung kenari di ombyokan, kita harus pilih burung yang fisiknya mulus. Untuk fisik, kami bagikan menjadi 3 bagian. 

  • Yang pertama yaitu bulunya harus halus dan mulus, jadi bulunya itu tidak kusam, dan pastikan tidak ada kutu di bulu-bulunya
  • Kedua pilihlah burung yang matanya tidak sayu jadi matanya terlihat segar 
  • kemudian yang terakhir adalah kita perhatikan di jari-jarinya, jadi kita pilih yang tidak ada jamurnya dan tidak ada kecacatan lainnya

2. Gerakannya Gesit

Kemudian tips yang ke dua yaitu pilihlah burung kenari yang gesit, jadi burung itu gerakannya lincah atau suka terbang-terbang, dan juga sering ngepak-ngepak sayap itu juga tanda burung itu sehat. Lebih bagus lagi kalau kicau mania melihat si burung mandi di cepuk yang ada di dalam ombyokan, nah itu salah satu tanda burung itu dalam keadaan yang sehat dan bagus.

3. Makannya Lahap

Yang ketiga yaitu pilihlah burung kenari ombyokan yang makannya lahap, burung yang kerjaannya sering makan. Karena kalau burung makannya lahap, otomatis dia nanti sehat ketika kita bawa ke rumah dan unutk masa adaptasi di tempat yang baru dia lebih cepat. Jadi kita tidak perlu khawatirkan lagi ketika sampai di rumah burung nggak mau makan.

4. Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Tips yang keempat yaitu membedakan kenari jantan dan betina. Jadi ini tergantung kebutuhan dari teman-teman ya, dan kita juga harus bisa membedakan antara kenari jantan dan betina itu seperti apa. Untuk caranya cukup mudah, yaitu kita lihat dari alat kelaminnya ini salah satu cara yang cukup akurat dibandingkan dari garis paruh. Untuk alat kelamin kenari betina lebih menjorok, sedangkan untuk alat kelamin kenari jantan itu lebih menonjol sebesar biji jagung.

Tips memilih kenari yang bagus di ombyokan
Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

Oke kicau mania itulah tadi tips memilih kenari yang bagus di ombyokan, entah itu di pasar, di toko burung atau mungkin di tempat penjual yang hanya menyediakan kenari. Semoga bermanfaat, salam kicau mania!



EmoticonEmoticon